BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

25 Oktober 2009

interview straightout


Band asal Jakarta yang sudah menginjak usia 10 tahun dalam dunia musik metal yang baru saya merayakanulang tahun di stardust cafe, sarinah Agustus silam, berikut ini hasil interview journalist kami dengan salah satu personilnya disela-sela setelah mereka tampil(DL) : Tak terasa, kini kalian telah memasuki usia band yang ke 10. Apa sebenarnya yang menjadi ide awal hingga hingga akhirnya kalian merealisasikan ulang tahun STRAIGHT OUT ke dalam bentuk sebuah commercial live performance “10th Years of Bloody Mayhem (Chapter 666)” tanggal 30 Agustus lalu di stardust?

(Demise): Hello. Whazz’up Nino & Dian… Sebenarnya ide awal acara ini dah lama banget. Ini adalah acara Straight Out ke-3 setelah yang pertama waktu launching album perdana di BBS Café Menteng tahun 2001 dan launching album ke-2 di Hanggar teras Pancoran tahun kemaren. Buat kami, perayaan ultah ini adalah sebuah event yang sangat bagus dan tepat dalam pengadaan live performance di Stardust café. Cukup banyak band yang ternyata melewatkan begitu saja dan kadang tidak memperdulikan ulang tahun mereka yang ke 10.

(DL): Persiapan khusus apa saja sebelumnya untuk pengadaan event ini?

(Demise): Sebenarnya kita sudah mempersiapkan segalanya sejak 6 bulan yang lalu. Straight Out terbentuk bulan Mei 1998 dan saat itu di Jakarta sedang terjadi kerusuhan besar. Dan memang saat kerusuhan itulah kami mendeklarasikan terbentuknya Straight Out, hahahaha. Persiapan event ini lumayan ribet, mulai dari promosi, dan persiapan sound system serta lighting juga kami persiapkan semenarik mungkin. Itu teknis ! Sedangkan dari band sendiri, kami juga mempersiapkan sesi potong kue….hahahahahaah, tapi bukan potong kue pake gergaji mesin nih. Ada rencana, nanti untuk ultah ke 20, Straight Out akan merayakan ultah dengan tidak melakukan potong kue, tapi melindas kue pakai traktor, heheheheeh. O iya, untuk acara ultah 10 thn ini kemaren kami juga mempersiapkan slide show yang mana berisikan live kami saat launching album di hangar teras tahun lalu.

(DL): Setelah acara ini akhirnya berlangsung hingga selesai tuntas sesuai rencana, apakah yang Anda ingin komentari secara khusus akan suksesnya event ini?

(Demise): Selain puas karena sukses, kami seneng banget bisa tampil bareng band-band dan ketemu temen-temen dari berbagai genre. Sayang, masalah waktu aja yang ngaret. Maklum lah, soalnya sore kan sempat hujan. Kayaknya sekitar 1000an penonton hadir di event ini.

(DL): Komentar tentang band-band supporting nya?

(Demise): Band-band supporting nya bagus semua. Salut buat mereka semua!

(DL): 10 tahun merupakan waktu yang cukup lama untuk eksistensi sebuah band indie. Bagaimana sebenarnya cara kalian mempertahankan eksistensi tersebut?

(Demise): 10 tahun adalah waktu yang sangat singkat untuk Straight Out…kecuali bila 10 tahun dipenjara..hahahaha. Tapi yang jelas 10 tahun adalah awal perjalanan menuju level tertinggi Death fuckin’ metal dan kita juga tidak pernah bosan putar otak untuk mencari terobosan dan ide-ide gila untuk merakit bom waktu musik yang bisa dijadikan konsep lagu yang dasyat dan & kompleks. Dan semua itu harus didukung dengan manajemen yang baik dan saling dukung antar personil, fans, record label dan yang lainnya. Ya saling support lah.

(DL): Sebenarnya apa sih deskripsi musikalitas STRAIGHT OUT menurut Anda?

(Demise): Kalau menurut teman-teman yang lain, deskripsinya berbeda-beda dan itu bebas-beas saja, yang jelas Straight Out mengaransemen musik dengan cukup lompleks dan pada akhirnya kita bermain di jalur death metal . Tidak ada kata yang lain untuk mendeskripsikannya.

(DL): Bagaimana pandangan kalian terhadap perkembangan scene underground sejak awal eksistensi STRAIGHT OUT hingga saat ini? Adakah perbedaan yang sangat mencolok?

(Demise): Untuk perkembangan scene,yang pasti gue gak mau terlalu pusing dengan apa yang mereka mau lakukan. Jika dulu dari saat Straight Out berdiri scene sedang berubah dari hardcore ke metalcore… Dan kalau sekarang, buat gue ini bukanlah sebuah perkembangan karena sudah terlalu banyak pecundang – pecundang dan kaum trendy yang main musik metal dan menurut gw, itu merupakan proses atau transisi menuju metal. Yang pasti, mereka janganlah coba macam-macam dengan kita! Itu aja! O iya, sekarang di tahun 2008 lagi ramai-ramainya kebangkitan band-band old school thrash metal dan death metal. Catat itu! Sayangnya, era sekarang juga sempat menimbulkan pro kontra tentang genre slaming dan deathcore yang sering kesebut sebagai pecahan dari genre death metal.

(DL): Tolong perkenalkan kembali formasi terbaru kalian. Apakah yang menyebabkan Rebecca akhirnya musti cabut dan apa alasan kalian hingga akhirnya memilih Citra sebagai penggantinya? Apakah Citra berposisi sebagai auditional vocalis, ataukah menjadi formasi tetap di STRAIGHT OUT?

(Demise): Formasi terbaru kami: Demise (Vocal), Pipink (Gitar), Sony (Bass), Mela (Keyboard), Benny (Drum) dan Citra yang merupakan backing vocal auditional pengganti Rebecca. Rebecca musti cabut dari band dikarenakan kesibukannya di luar band, dan posisinya memang digantikan oleh Citra yang kelihatannya memang tidak terlalu sibuk dengan kerjaannya di luar band. Heheheeheheh

(DL): Khabarnya kalian segera kembali masuk dapur rekaman untuk merekam album ke-3 di akhir tahun nanti. Boleh informasikan sedikit tentang itu? Kalian masih tetap menjalin kontrak dengan BlueSky Records?

(DEMISE): BluSky tetap menangani kami dan kami dijadwalkan untuk segera kembali masuk rekaman di bulan Desember mendatang untuk pembuatan album ke-3.

(DL): Apa alasan kalian yang paling utama untuk setuju menjalin kontrak dengan label tsb? Apakah tawaran paling special yang diberikan oleh mereka untuk STRAIGHT OUT? Kapan rencananya album baru kalian tsb akan dirilis?

(DEMISE): Kami tetap memilih Blue Sky dikarenakan label tsb mampu memberikan yang terbaik yang kami minta. Album baru ini rencananya akan segera dirilis di tahun 2009 selepas pemilu. Sebenarnya tidak ada yang terlalu special di sini, tapi Blue Sky benar-benar serius mempromosikan band, album serta merchandise kami secara continue.

0 komentar: