BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

28 November 2010

Peran penting pakar IT dalam penanggulangan bencana


Peran penting pakar IT dalam penanggulangan bencana

Bencana alam terjadi susul menyusul di Indonesia Banyak pihak menuding semua adalah efek dari perubahan iklim dunia yang disebabkan pemanasan bumi akibat rusaknya alam dan pencemaran.Namun selain perubahan alam, perilaku manusia yang serakah juga telah mempercepat proses bencana banjir, longsor dan kebakaran hutan. Tapi ada juga bencana alam yang memang diakibatkan aktifitas alam itu sendiri seperti meletusnya gunung merapi,pada hari Selasa kemarin tepatnya tanggal 25 Oktober 2010 pukul 17.00 wib terjadilah peristiwa meletusnya gunung merapi yang tercatat banyak menimbulkan korban yang di antaranya mbah marijan.

Mengingat Indonesia merupakan wilayah yang rawan bencana terutama dengan gunung merapi atau biasa disebut Ring of Fire, dimana kulit bumi sangat rentan berubah ubah serta pertemuan lempengan bumi, maka Kinerja Badan Nasional Penanggulan Bencana harus dapat segera bergerak cepat dan memetakan daerah daerah yang berpontesi sangat besar terhadap aktifitas tersebut

Apa yang paling dibutuhkan saat bencana terjadi? Akan banyak jawabannya. Salah-satu yang paling penting adalah informasi.Informasi yang sangat di butuhkan saat ini adalah informasi melalui internet.Internet memiliki peran yang tidak kecil dalam proses penanggulangan bencana alam, seperti halnya pada saat bencana meletusnya gunung merapi di kediaman mbah marijan ini.

Internet bisa dimanfaatkan sebagai media untuk berkomunikasi, baik melalui e-mail,
chatting, dan forum publik. Seperti pada saat terjadi bencana gunung merapi meletus dengan Internet, relawan-relawan kemanusiaan bisa berkomunikasi via email ataupun ngobrol dengan menggunakan Internet Messenger seperti Yahoo Messenger ataupun MSN Messenger dengan induk organisasinya untuk berkoordinasi terkait kebutuhan logistik, laporan kondisi dan info penting lainnya, begitu pula jurnalis bisa mengirimkan berita ke kantornya yang berada di kota lainnya dalam waktu singkat Selain sebagai media komunikasi internet juga dimanfaatkan sebagai sumber informasi mencari orang hilang.

Selain internet,telephone atau handphone mempunyai peran penting pada saat terjadinya bencana alam.karena dengan ada nya telephone atau handphone kita bisa berkomunikasi langsung dengan warga yang ada di sekitar terjadinya bencana itu

0 komentar: